Hari ini Lombok Barat gelar ‘Perang Topat’

GETNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pariwisata akan menyelenggarakan prosesi Pujawali Pura Lingsar dan Perang Topat Tahun 2019, di Pura Lingsar Narmada Kabupaten Lombok Barat, Rabu (11/12).

Sebelumnya, berbagai kegiatan dihelat oleh Dinas Pariwisata untuk meramaikan prosesi yang disebutnya sebagai prosesi religi dan budaya. Setelah kegiatan Peresean yang dilangsungkan sejak tanggal 5-9 Desember 2019, maka hari ini berbagai kegiatan digelar sebagai rangkaian puncak prosesi Perang Topat 2019.

Ditemui di ruang kerjanya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata, Hj. Lale Prayatni menerangkan berbagai kegiatan untuk meramaikan Pujawali dan Perang Topat tersebut.

“Sejak kemarin, kami menyelenggarakan live painting (seni lukis, red) dan cilokak (kesenian music khas Suku Sasak, red). Lalu siangnya kita selenggarakan Haul KH. Abdul Malik atau Raden Mas Kerta Jagad yang diyakini masyarakat Lingsar sebagai penyebar Islam pertama di Lingsar yang kita rangkaikan dengan Begawe Gubuq (Syukuran Kampung) untuk kalangan Umat Islam,” Ungkapnya.

Secara paralel Roah itu kita teruskan dengan upacara Mendak Tirta bagi Umat Hindu di sekitar Pura Lingsar, tambahnya.

“Puncaknya pada malamnya, ada pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Lalu Nasib dan kesenian gandrung. Yang paling fenomenal adalah sore hari nanti, yaitu ritual Kelilingan Kaoq (mengarak kerbau, red) yang menjadi simbol kebersamaan dan persatuan antara umat Hindu dan Umat Islam,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Lepas Atlit Tinju Pra PON, Danrem 162/WB Mohon Doa dan Dukungan Masyarakat NTB

Wed Dec 11 , 2019
TNInspirasi – Pelaksanaan Pra PON 2019 di Bogor Jawa Barat akan digelar selama 9 hari mulai tanggal 12 sampai 20 Desember 2019 mendatang. Para atlit perwakilan masing-masing Provinsi jauh sebelumnya sudah menyiapkan diri dengan baik termasuk atlit NTB. Hari ini, enam atlit Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) NTB diberangkatkan oleh […]