FPPPI temukan puluhan ton bawang putih Sembalun untuk Sumatera Utara di oplos

GETNEWS.ID – Koordinator Forum Pemuda Peduli Petani Indonesia (FPPPI) M. Fadly mengindikasikan adanya temuan sekitar 30 ton benih bawang putih yang busuk (rusak) dari 170 ton benih bawang putih Sembalun Lombok Timur NTB, pada program Pengadaan bawang putih tahun 2019 di Provinsi Sumatera Utara.

Ia menduga jika permainan dilakukan oleh oknum penangkar lokal dengan perusahaan swastanya yang berinisial PT. PI, dan sudah dilakukan sejak tahun 2017. Fadly bahkan membeberkan pelakunya adalah oknum pensiunan dari Unit Pelayanan Terpadu (UPT) di Kecamatan Sembalun.

Dari informasi yang dihimpun pihak FPPPI, bahwa bawang tersebut diduga kuat telah di oplos oleh yang bersangkutan, bekerjasama dengan pengusaha luar daerah. Dengan maksud menciderai program swasembada bawang putih pemerintah.

“Kami juga mencurigai adanya persekongkolan antara BPSB NTB dengan para Pengusaha tersebut karena diduga menggunakan label dan sertifikat benih secara resmi. Kecurigaan kami benih bawang putih yang dikirim ke Provinsi Sumatera Utara yang rusak itu adalah sisa bawang putih tahun 2018 di sembalun yang berjumlah 100 ton, yang dimiliki oleh pemilik label saat ini. Dan untuk itu, untuk memenuhi kebutuhan pesanan di Provinsi Sumatera Utara, barang tersebut dicampur dengan yang baru untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Sumatera Utara,” jelas Fadly.

Ia menyayangkan perbuatan ini akan merusak citra bawang putih jenis Sangga Sembalun yang cukup terkenal ditingkat nasional. “Untuk itu kami meminta BPSB Provinsi NTB untuk mencabut izin penangkar benih yang dimiliki oknum pemilik label tersebut dan meminta Kementrian Pertanian untuk tidak mendiamkan persoalan ini serta meminta Bareskrim Polri mengusut tuntas pengadaan bawang putih di Sumatera Utara tahun 2019 ini,” pungkasnya.

Dbd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Breathing new life into Indonesia's south sea pearl industry

Thu Dec 5 , 2019
GETNEWS.ID – Jean de la Bruyere, the 17th century French philosopher and moralist, had once stated that “Next to sound judgment, diamonds and pearls are the rarest things in the world”. Such a statement does hold water since pearls are incredibly unique gemstones sourced from the sea and have bedecked […]