Panen jagung di Demplot Kodim Loteng bantu tingkatkan swasembada pangan

TNInspirasi – Swasembada pangan tidak hanya padi saja untuk memenuhi kebutuhan pangan, namun juga beberapa komuditas lainnya seperti jagung dan kedelai menjadi perhatian pemerintah seperti yang dilakukan di Dusun Petitik Desa Pelambik Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah.

Padi jagung di Demplot Kodim 1620/Loteng dipimpin Dandim 1620/Loteng Letnan Kolonel Czi Prastiwanto, SE. M.I.Pol., bersama para Perwira Kodim dan perwakilan Kadis Pertanian Loteng, Kades Pelambik Jumasan, Persit KCK, Kapoktan dan masyarakat setempat.

Dandim Loteng dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kades Pelambik atas bantuan dan dukungannya dalam pelaksanaan penanaman jagung Demplot dengan keterbatasan ketersediaan air.

“Pengalaman Kades Pelambik selama di Dompu khususnya terkait penanaman jagung patut diapresiasi dengan membantu menerapkan pengalamannya pada penanaman jagung di demplot,” ujar Dandim.

Diterangkannya, pihaknya bersama Dinas Pertanian memiliki komitmen untuk terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah dengan terus melakukan pendampingan terhadap petani mulai penyemaian, penanaman, pemupukan hingga panen.

Terpisah, Kepala Penerangan Korem 162/WB Mayor Inf Dahlan, S.Sos., disela-sela kesibukannya menyampaikan penan jagung juga dilakukan di Demplot Kodim 1614/Dompu oleh Dandim Dompu bersama jajarannya di Kecamatan Kempo. Hal ini, kata Dahlan, membuktikan bahwa TNI AD khususnya Korem 162/WB dan jajaran tetap eksis untuk mensukseskan program Pemerintah dalam berswasembada pangan.

“Pemanfaatan lahan pertanian secara maksimal dengan mengikuti program dan tata cara penanaman sesuai dengan arahan dari UPT Pertanian atau penyuluh pertanian akan menambah hasil produksi yang lebih baik,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Suksekan Swasembada Pangan, Koramil Utan Rhee turun sawah

Wed Nov 20 , 2019
TNInspirasi – Diawal musim hujan, para petani di Desa Rhee Beru Kecamatan Rhee menyiapkan lahannya untuk menghadapi musim tanam, salah satunya kelompok tani (Poktan) Saliper Ate hari ini melakukan penanaman padi diatas sawah seluas 1 hektar, Rabu (19/11). Melihat kondisi tersebut, Danramil 1607-09/Utan Rhee Kapten Inf Robert P. bersama anggotanya […]