Hadiri Maulid di Sumbawa, Gubernur sampaikan pentingnya nilai sosial dalam ibadah

GETNEWS.ID – Gubernur NTB Zulkieflimansyah, saat menghadiri acara peringatan Maulid di Labangka, Kabupaten Sumbawa pada Jumat (15/11) menyampaikan pesan moral tentang ibadah sosial.

Pesan yang disampaikannya adalah untuk mendapatkan perhatian dari Rasulullah, tidak hanya dengan cara ibadah formal namun untuk mendapatkan perhatian Rasulullah. Menurut Gubernur, untuk mencapai ibadah sosialnitu hanya butuh melakukan kegiatan sosial yang berguna untuk masyarakat.

“Kadangkala, untuk dirindukan oleh Rasul kita, kita tidak hanya harus datang ke masjid, tidak harus hitam jidat kita, tidak selalu harus berpuasa senin dan kamis, tapi kadang-kadang, Rasulullah pun rindu pada mereka-mereka yang punya akhlak sosial yang menghadirkan manfaat buat anak yatim, orang miskin, dan sesama manusia,” tutur Gubernur.

Orang nomor satu di NTB ini mengatakan bahwa semua yang dimiliki manusia di dunia tidak akan berguna jika masih ada orang-orang yang serba kekurangan berada di sekitar kita.

“Apa gunanya kita punya pondok besar, apa gunanya kita punya masjid besar, apa gunanya kita sering hatam Al-Qur’an, apa gunanya kita sering melakukan ibadah-ibadah yang lain, kalau masih ada masyarakat miskin di sekitar kita, banyak anak yatim menangis setiap hari,” terangnya.

Dalam sebuah tausiyah yang dikemas dalam sambutannya, Gubernur mengatakan bahwa Rasulullah menitipkan rindunya pada mereka-mereka yang peduli pada akhlak-akhlak yang berdimensi sosial.

“Mari kita budayakan figur besar bernama Muhammad itu, bukan hanya mengingat puasanya, bukan hanya mengingat masjidnya, tapi mengingat bahwa Rasulullah mencintai anak yatim,” ajak Gubernur.

Iapun menceritakan sebuah kisah seorang ulama yang diminta menemui seorang laki-laki yang berada jauh dengan ulama tersebut. Dari cerita ini, Gubernur menjelaskan bahwa, untuk mendapatkan kemuliaan, bukan hanya sekedar beribadah formal saja. Namun, akhlak sosial juga penting dalam mencapai kemuliaan.

Hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wagub presentasi program Zero Waste dan NTB Hijau 2023 di Kementerian LHK

Sat Nov 16 , 2019
GETNEWS.ID – Pemerintah Provinsi NTB diwakili oleh Wakil Gubernur, Sitti Rohmi Djalilah pada rapat bilateral antara Pemprov NTB dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Kantor Kementerian LHK Jakarta Pusat, pada Jumat (15/11). Rapat yang membahas tentang program Zero Waste ini dipimpin oleh Wakil Menteri LHK, dan dihadiri oleh […]