Long Distance Ferry Sumbawa – Surabaya Segera Beroperasi

GETNEWS.ID – Rencana pelayaran perdana KMP Swarna Bahtera milik Perusahaan Pelayaran Dharma Lautan Utama yang akan menghubungkan Pulau Sumbawa dengan Surabaya, pada tanggal 29 September ini membawa angin segar bagi pelaku usaha di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Pulau Sumbawa.

Bagi Gubernur NTB DR H. Zulkieflimansyah, Long Distance Ferry dari Badas Sumbawa ke Tanjung Perak Surabaya dilihat dari prospek ekonomi daerah kedepannya sangat strategis.

Konektivitas maritim berupa pembangunan pelabuhan dan infrastuktur pendukung di sejumlah titik-titik strategis di seluruh wilayah Indonesia akan berdampak langsung bagi aspek perekonomian masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun, pembangunan konektivitas ini tidak hanya bernilai dari aspek ekonomis.

“Pembangunan konektivitas maritim diperlukan pendekatan yang komprehensif dan mendapatkan dukungan dari berbagai institusi, tidak hanya menjadi domain perhubungan atau perekonomian saja,” kata Gubernur penuh keyakinan

Pengembangan konektivitas antar wilayah terus digalakkan. Menyusul dengan hadirnya kapal besar dan terbilang kondisinya masih sangat baru sebagai transportasi jalur laut yang menghubungkan Sumbawa-Surabaya.

Dengan terkoneknya antar wilayah ini, tentu akan memberikan dampak besar dan positif menggeliatnya roda perekonomian dikabupaten Sumbawa kedepannya yang akan mampu membangkitkan Kejayaan Ekonomi Kelautan Indonesia secara historis telah diakui dunia pada era keemasannya sebagai negara maritim, yang sangat berpengaruh signifikan terhadap konstelasi perkembangan ekonomi Nasional.

Menurut Gubernur, Kemakmuran ekonomi tersebut dicapai dengan menitikberatkan pembangunan dan kekuatan di lautan, dengan keyakinan yang tinggi bahwa laut merupakan salah satu sumber kehidupan yang utama. Menjadikan ekonomi kelautan sebagai prime mover pembangunan ekonomi Indonesia pada masa kini bukanlah tanpa alasan.

Besarnya potensi ekonomi kelautan dan letak geografis yang sangat menguntungkan tersebut seyogyanya dapat menjadi modal dasar dalam membangun shared vision dari seluruh pemangku kepentingan, untuk menjadikan pengembangan ekonomi kelautan Indonesia sebagai paradigma utama mempercepat terwujudnya kemandirian ekonomi ekonomi nasional.

Poros Maritim Visi Presiden Jokowi dalam mempercepat terwujudnya kemandirian dalam bidang ekonomi, dengan memprioritaskan bergeraknya sektor-sektor strategis ekonomi domestik, patut diapresiasi dan didukung penuh oleh pelaku ekonomi. Bergeraknya sektor-sektor strategis ekonomi domestik diharapkan dapat berkonstribusi menjaga pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, dalam upaya terus meningkatkan kesejahteraan rakyat. Menjadikan sektor strategis domestik, diantaranya pengembangan ekonomi kelautan sebagai prime mover pembangunan ekonomi, sejatinya merupakan strategi mendasar dalam mengoptimalkan nilai tambah ekonomi dari potensi besar yang kita dimiliki.

Sinyal baik ini terungkap, berkat kepiawaian Gubernur dalam membangun jaringan komukasi bersama Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Kemudian ditindak lanjuti oleh Dinas Perhubungan NTB.

“Alhamdulillah, kita berhasil dapat kapal yang bagus, namanya Swarna Bahtera, kalau tidak ada halangan, Insya Allah tanggal 29 September ini akan berlabuh perdana di Pelabuhan Badas,” ungkap Gubernur.

Beliau meyakini, dengan adanya kapal besar langsung Surabaya-Badas geliat ekonomi akan semakin dinamis.

Sebab menurut dia, terbangunnya ekonomi yang baik tentu mensyaratkan mobilitas masyarakat dan barang yang bagus dan lancar.

Besarnya potensi ekonomi kelautan dan letak geografis yang sangat menguntungkan tersebut seyogyanya dapat menjadi modal dasar dalam membangun shared vision dari seluruh pemangku kepentingan, untuk menjadikan pengembangan ekonomi kelautan Indonesia sebagai paradigma utama mempercepat terwujudnya kemandirian ekonomi ekonomi nasional.

“Semoga ini menjadi tanda kebangkitan ekonomi maritim sekaligus awal yang bagus bagi peningkatan ekonomi daerah di pulau sumbawa khususnya kabupaten sumbawa, bisa lebih baik lagi.” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tingkatkan profesionalisme jurnalis, IJTI NTB kembali gelar Uji kompetensi

Sat Sep 21 , 2019
GETNEWS.ID – Dalam rangka menjalankan rangkaian program organisasi, peningkatan kapasitas menciptakan jurnalis yang profesional, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) NTB kembali menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) Televisi angkatan kedua, yang diikuti puluhan jurnalis televisi lokal dan nasional di Kawasan Kuta Mandalika Kabupaten Lombok Tengah pada Sabtu (21/9). Acara dibuka langsung […]