Insan Pers diingatkan tak ikut viral di media sosial

GETNEWS.ID – Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo mengingatkan insan pers tidak mengikuti peristiwa yang sedang viral di media sosial agar pembaca tidak meninggalkannya.

“Jangan, itu seperti masuk ke habitat musuh yang musuhnya lebih kuat. Media sosial, kenapa musuh? Anda bersaing dengan mereka untuk merebut perhatian publik untuk dapatkan data dan iklan,” ujar Agus Sudibyo di usai peluncuran bukunya berjudul Jagat Digital, Pembebasan dan Penguasaan di Jakarta, Selasa.

Apabila jurnalis mewartakan hal yang sama dengan yang terdapat di media sosial, menurut dia, pembaca akan memilih media sosial. Untuk itu, jurnalis mesti menampilkan sesuatu yang lebih baik dan mendalam daripada media sosial.

Menurut dia, meski dalam beberapa hal media sosial menguntungkan media massa sebagai sarana distribusi informasi yang baru, media sosial pun kerap menjadi wadah menyebarkan hoaks.

Untuk itu, dia mendorong jurnalis menyajikan sesuatu yang tidak tersedia di media sosial berupa berita yang kualitasnya lebih baik.

Selain itu, agar media massa bertahan dalam era perkembangan digital, Agus Sudibyo mendorong pemerintah mengeluarkan regulasi yang mendukung pers Indonesia.

Ia menegaskan negara harus hadir menciptakan persaingan usaha yang sehat antara media massa jurnalistik dan media sosial, mesin pencari serta agregator berita.

Hal itu lantaran penetrasi layanan media sosial serta mesin pencari seperti menawarkan pembebasan sekaligus diam-diam menyembunyikan maksud penguasaan.

source : Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ini Harapan Kodim 1620/Loteng Pada Program TMMD Ke-106

Wed Sep 18 , 2019
TNInspirasi – Kodim 1620/Loteng ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 tahun 2019 wilayah Korem 162/WB. Berbagai sasaran fisik sudah disiapkan di Desa Aik Bual, desa Pendem, Desa Durian dan Desa Montong gamang dan bahkan sudah ada yang mulai dikerjakan oleh personel Kodim 1620/loteng yang […]