Ini Penjelasan Kepala BMKG Mataram Terkait Potensi Gempa di Selatan Lombok

MATARAM – Kepala BMKG Mataram, Agus Rianto membenarkan tentang adanya potensi terjadinya gempa bumi Megathrust di kawasan Lombok Selatan yang pemberitaanya sempat viral dan beredar luas di media sosial, saat menggelar jumpa pers bersama sejumlah pejabat Pemprov NTB, Kamis malam (4/7) di rumah makan Langko Mataram.

Agus Riyanto juga menambahkan kalau kawasan Selatan Lombok tersebut adalah perairan yang membentang dari Sumatera, perairan Selatan Jawa, perairan selat Bali hingga ke Maluku.

“Di perairan selatan Lombok ini merupakan zona subduksi atau zona pertemuan dua lempeng besar yakni lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia membentang dari Pulau Sumatera, Selatan Jawa, Selatan Lombok sampai ke Maluku. Sehingga panjang nya bentangan zona subduksi tersebut tidak bisa di prediksi gempa megathrust akan terjadi di wilayah mana saja.” jelas Agus Rianto.

“Gempa megathrust tersebut bisa saja terjadi di wilayah lain di luar wilayah perairan Lombok.” lanjutnya.

Menurut Agus ada persepsi yang salah tentang kawasan Selatan Lombok yang seolah-olah berada di kawasan Kuta dan sekitarnya.

“Jangan panik dan cemas perairan  selatan Lombok itu membentang dari Sumatera sampai Maluku, belum tentu terjadi di wilayah Lombok selatan sana, tidak ada yang bisa memprediksi kapan dan dimana akan terjadi gempa,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Gelombang Pertama Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Tiba di Jeddah

Fri Jul 5 , 2019
JEDDAH – Gelombang pertama petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1440 H/2019 M sebanyak 78 orang tiba di Jeddah sekitar pukul 16.30 waktu Arab Saudi (WAS). Ke-78 petugas itu menumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 980 dan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, […]